Desain Unik Jadi Senjata Ampuh Gait Pelanggan

Thursday, September 4th, 2014 - Bisnis Resto / Restoran
Advertisement

Ingin tahu apa sih senjata ampuh untuk menggait pelanggan resto/cafe  Anda ! Dari pada masih bingung langsung saja baca artikel di bawah ini,,

Bagi para pebisnis kuliner, lokasi berbisnis, bukan hanya sekadar tempat menjajakan minuman atau makanan. Lebih dari itu,bisnis yang dibangun hanya dapat bersaing ketika pemilik bersenjatakan konsep unik, kreatif dan inovatif.

5273da7d420d56e

Adalah Sebastian Café,  salah satu kafe berkonsep industrial recycle yang berlokasi di Jalan Veteran Raya No. 11 A, Bintaro, Jakarta Selatan. Nyaman dalam keunikan, menjadi suguhan khas yang membedakannya dengan kafe lain.

Konsep di atas bisa Anda rasakan pada salah satu sudut favorit di kafe ini yang dibangun dengan bahan container tua.  “Saya membutuhkan 2 kontainer berukuran 20 feet dan 40 feet untuk membuat sudut itu.  Dengan harga masing-masing Rp 20 juta dan Rp 40 juta,” papar Stefani Sebastian, pemilik Sebastian Cafe.

Dibutuhkan waktu 6 bulan untuk membangun konstruksi awal sudut dari kontainer itu.  Konsep daur ulang juga tercermin dari perabotan di Sebastian Cafe.  Lantai yang terbuat dari kayu bekas dan sofa yang terbuat dari kayu bekas kemasan kabel listrik. Berkat keunikan setting interior, Sebastian Cafe berhasil merekrut banyak pelanggan.

PERPADUAN KULINER-FASHION
Konsep kafe unik lain diusung oleh Sandy Suryadi, pemilik The Fabrik Kafe yang berlokasi di Jl R.E. Martadinata no. 107 Bandung. Kafe ini mengombinasikan kuliner dan fashion. Widely Project yang merupakan fashion store terhubung persis di sebelah The Fabrik Kafe, sehingga sambil menunggu pesanan makanan datang, pengunjung dapat berkeliling dan belanja.

Shandy mengatakan, konsep ini merupakan penggabungan antara dua buah karakter yang dimiliki oleh Kota Bandung. Yakni sebagai sentra distro dan  kota yang terkenal dengan kafenya. “Jika di dalam kafe tersebut terdapat toko pakaian, mereka bisa berjalan-jalan dan berbelanja,” kata Sandy.

0dab397202593e8
Shandy

Interior The Fabrik Kafe sendiri didesain dengan konsep sebuah pabrik tua. Dekorasi yang tersebar di dalamnya bernuansa old industrial. Seperti terlihat pada ornamen unfinished yang dipasang di beberapa sudut tembok serta fondasinya.

Berbagai gambar bernuansa klasik dan pajangan tanduk rusa menambah kesan vintage pada interior kafe ini. Jajaran meja kayu serta pencahayaan yang redup menciptakan suasana nyaman dan hangat. Berbagai macam barang-barang vintage yang lain di antaranya mesin jahit, dan benang yang digulung. Keberadaan aksesoris ini menjadikan kesan industrial style di kafe.

Masih dari Kota Kembang, Bandung, ada satu lagi konsep tempat makan unik. Yakni Warung Misbar. Berdiri 25 Agustus 2012, tempat makan di Jalan Riau no 28 A ini mengusung taglineMakan Enak, Nongton Bareng Bikin Hati Bahagia”. Menurut  Asep Iskak Wiranta dari PT Radha Boga Jaya (RBJ) paqengelola tempat makan tersebut, konsep yang diusung Misbar sengaja menyediakan makanan rumahan agar bisa diingat oleh tamu (brand image) sambil menonton film era tahun 80-an (experience marketing). Guna mewujudkan konsep tersebut, Warung Misbar menggunakan jasa arsitek untuk merancangbangun tempat ini.
4e3e4f1c0b43375
Warung Misbar
Asep menambahkan, dengan mengambil konsep di atas, tempat ini bisa menjadi ajang bernostalgia bagi konsumen yang menghabiskan masa remajanya di tahun 80-an. Warung Misbar pun jadi tempat favorit bagi remaja masa kini yang ingin menikmati era 80-an.

Supaya pengunjung lebih leluasa bercengkrama, Warung Misbar mampu menampung 180 orang.  Bahkan area lesehan atau podium, masih sangat nyaman digunakan oleh hampir 60 orang pengunjung. Menurut penuturan Asep, dalam sehari pengunjung bisa mencapai 550 orang. “Umumnya mereka menghabiskan waktu  30 menit,” ungkap Asep.

Tentu bermodal interior yang terlihat keren saja tak cukup. Dalam bisnis kuliner, rasa adalah segalanya. Menyadari hal ini, Asep mengatakan,cita rasa makanan dan minum di Warung Misabar bisa membuat lidah pengunjung bergoyang.

Di tempat ini Anda bisa menjajal rasa  ayam goreng laos, ayam lado mudo, balakutak, dan sop iga. Untuk minumannya, coba rasakan sensasi rasa juice hijau daun, selendang mayang,dan es campur naga bonar. Dengan kisaran harga Rp8.000 – Rp22.000, pengunjung bisa menikmati menu andalan tersebut.

NGOPI DI PET SHOP
Konsep lain dimiliki oleh Pet Distro yang didesain bukan sekadar tempat berbelanja keperluan satwa kesayangan, tapi dilengkapi juga dengan sebuah kafe. Berlokasi di Jalan Sukajadi, Bandung, jalur wisata menuju Lembang, Pet Distro menjadi salah satu obyek rekreasi bersama satwa kesayangan yang layak dikunjungi.  Di tempat ini penggemar satwa bisa bersantai di sebuah kafe, sembari berbelanja, bermain bersama satwa, atau melakukan perawatan rutin peliharaannya.

“Usaha ini  dilandasi oleh rasa hobi. Untuk senang-senang saja.  Soalnya bertemu dengan aneka satwa,” tutur Anita Wijaya Harjadi, pemilik Pet Distro. Sebagai pehobi yang memiliki puluhan ras anjing seperti maltase, poodle, pom, alaskan malamute, chocow, dan yorkshire, ia merasakan, para pehobi membutuhkan tempat yang nyaman untuk merawat anjing kesayangan.

Sadar akan adanya celah bisnis ini, Anita melengkapi Pet Distro dengan fasilitas terbaik. Bahkan di tempat ini, Anita sengaja menyediakan kolam renang untuk anjing. Tak jauh dari kolam renang, tampak lapangan kecil berumput untuk bermain binatang peliharaan.

Berdiri  pada 12 Februari 2010, Pet Distro dilengkapi dengan berbagai fasilitas.  Misalnya salon grooming dan layanan antarjemput hewan kesayangan.  Catatan tambahan, khusus untuk salon ditangani oleh tenaga profesional.  “Kami memiliki 5 tenaga salon bersertifikat yang selalu siap melayani pelanggan,” tutur wanita berusia 27 tahun ini.

Salon ini juga dilengkapi dengan perlengkapan canggih. Dibatasi dengan dinding kaca,   posisi salon berdekatan dengan kafe. Tentu karena di desain sangat rapi dan dijaga kebersihannya, pengunjung café tak bakal mencium bau apek.Sehingga sambil menunggu anjing dan kucing kesayangan di-grooming, pemilik bisa bersantai dan menikmati secangkir kopi favorit.

Itulah senjata ampuh untuk menjaring konsumen yaitu dengan mendesain resto atau cafe dengan desain yang unik yang memiliki ciri khas tersendiri. Semoga dapat membuat inspirasi untuk Anda.

Sumber : www.idebisnis.biz

Advertisement
Desain Unik Jadi Senjata Ampuh Gait Pelanggan | khusnul | 4.5