Kedai Kopi Sangat Pas Untuk Dijajal Bisnisnya

Monday, September 8th, 2014 - Bisnis Minuman
Advertisement

Meminum kopi sudah dilakukan masyarakat Indonesia turun temurun dari nenek moyang. Membuka bisnis kedai kopipun masih menggiurkan.

Kopi merupakan minuman olahan yang terbuat dari racikan biji kopi. Rasa yang khas dan aroma harum dari kopi ini banyak disukai masyarakat Indonesia. Tak heran kebiasaan ngopi sudah menjadi hal yang umum di Negara Indonesia. Saat pagi, siang, sore maupun malam meminum kopi memang terasa nikmat. Dari minum sendiri, bersama keluarga maupun teman ataupun sahabat memang terasa nikmat dan nyaman.

202633628p

Indonesia sendiri merupakan Negara penghasil kopi terbear di dunia. Tak heran hasil kopi Indonesia sudah terkenal di kancah internasional. Apalagi untuk jenis kopi luwak, keunggulan dan kualitasnya nomer satu di dunia.

Banyaknya orang yang minum kopi ini menciptakan sebuah peluang usaha kedai kopi yang sangat menguntungkan. Minuman yang selalu di cari ini banyak memberikan keuntungan untuk pengusaha kedai kopi.

Sebagai tempat meminum kopi biasanya kedai kopi acap kali digunakan sepagai tempat tongkrongan, tempat istirahat, untuk santai, untuk pertemuan dan lain- lainnya. Hal inilah yang membuat kedai kopi selalu dibanjiri dengan pengunjung.

Lalu bagaimana jika kita akan membuka maupun mengawali usaha kedai kopi ini ? Berikut ini kami akan memberikan sedikit pemaparan mengenai usaha kedai kopi yang satu ini. Untuk penjelasannya berikut ini :
Tempat atau Lokasi Usaha

Dalam memilih tempat dalam lokasi penjualan usaha kedai kopi, anda terlebih dahulu harus melakukan survey atau pengamatan di sekitar Anda. Sebaiknya memilih tempat dengan banyak orang atau ramai. Lokasi ini seperti pinggir jalan raya, pusat kota, tempat wisata maupun hiburan, sekolahan, kampus dan kawasan pekerja.

Menentukan Pembeli

Di usaha kedai kopi ini anda tentunya juga harus tahu mengenai sasaran atau target pemasaran anda. Siapa yang akan membeli minuman kopi anda, hal ini bisa dilakukan dengan pengamatan usaha kopi yang memang sudah banyak langganannya. Dari sini anda bisa mengamati siapa saja pembelinya, bagaimana cara melayaninya, berapa juga harganya dan konsep usahanya.

Menu yang Ditawarkan

Dalam hal ini kedai kopi anda juga perlu menyediakan menu yang menjadi keunggulan tersendiri. Sediakan kopi dengan varian berbeda dari usaha yang lain. Misalnya saja kopi rasa caramel, mocca, cokelat, tiramisu atau dibikin unik dengan kopi rasa buah, kopi rasa keju maupun yang lainnya.

Tak hanya itu saja anda juga bisa menyediakan menu yang lainnya. Seperti kue, makanan maupun minuman jenis lainnya.

Ijin Usaha

Perijinan usaha ini juga memiliki pengaruh yang penting. Dengan membuat perijinan usaha, kedai kopi anda sudah menjadi usaha yang resmi diperintah. Hal ini akan membuat usaha nantinya akan semakin lancar dan tidak ada kendala lagi. Dengan membuat surat ijin usaha anda juga makin mudah mengembangkan dan memperluas bisnis Anda.

Karyawan

Tentunya anda akan kerepotan bila membuka usaha kedai ini sendiri. Anda bisa memperkerjakan karyawan dalam membantu usaha kedai anda. Pilih karyawan yang memang niat bekerja dengan hati, ramah pada pengundung serta terampil dan cekatan.

Penjualan dan Pemasaran

Dalam memasarkan usaha anda agar makin banyak dikunjungi dan dikenal masyarakat luas anda bisa menempuh cara promosi. Promosi ini bisa anda lakukan dengan berbagai macam cara.

Anda bisa membuat brosur dan menyebarkan di tempat ramai di sekitar usaha anda. Lewat media online juga bisa anda bisa membuat website dan memasang produk jenis kopi anda. Media social seperti facebook, twitter dan path juga bisa anda gunakan.

Dalam promosi ini tunjukkan kelebihan produk anda dan buat strategi dengan diskon, maupun penawaran yang lainnya.

Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan saat membuka kedai kopi. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda dalam merintis usaha kedai kopi yang sukses 🙂

Advertisement
Kedai Kopi Sangat Pas Untuk Dijajal Bisnisnya | khusnul | 4.5