Mencicip Lezat Bisnis Dari Olahan Ayam, Bebek dan Lele

Wednesday, September 10th, 2014 - Bisnis Makanan
Advertisement

Resto yang bernama Balcon ini menjual olahan menu ayam, bebek dan lele yang sangat lezat. Kelezatan menunya berbuah hasil dengan mendatangkan omset 1 juta perharinya.

Kuliner memang menyuguhkan bisnis yang tak pernah padam. Usaha ini mengalami kemajuan dari tahun ketahun. Banyak variasi menu baru yang ditawarkan dengan rasa dan hasil yang berbeda. Namun untuk kuliner sendiri, menu berbahan olahan dari ayam, bebek maupun ikan masih saja menyedot banyak perhatian.

Satu diantara pengusung kuliner ini yakni Selvie Susanthi. Balcon sebagai brand usahanya didirikan di kawasan Jakarta Selatan.

bebek-goreng-oven

Sejak kemunculannya di tahun 2010, Balcon telah menyuguhkan menu andalannya yakni dari olahan ayam, bebek dan lele. Paket kemitraan juga tak lupa untuk digait dalam mengembangkan usahanya.

Untuk saat ini saja selvie sudah membuka tiga cabang gerai. Dua gerainya adalah milik mitra . Lokasi gerainya berada di daerah Jabodetabek. Dalam menunya sendiri juga ditawarkan 3 jenis. Ada ayam sambal judes, ada bebek sambal petir, dan juga lele asap.

Harga olahan kuliner ayam, bebek dan lele inipun juga dipatok dengan harga Rp 14.000 sampai Rp 20.000 per porsinya. Sasaran utama selvie adalah kalangan menengah, namun kalangan bawah juga banyak yang membelinya.

Untuk memasarkan usahanya di pasaran, selvie juga memusatkan usahanya pada satu pusat saja. Dalam kemitraan ini mitra diwajibkan membeli bahan baku beserta bumbunya langsung dari pusat.

Dalam paket kemitraan sendiri, Selvie membagi paketnya menjadi dua paket. Untuk paket yang pertama dinamainya paket kios, harga yang ditawarkanpun senilai Rp 38 juta rupiah. Dalam paket ini mitra akan diberi peralatan untuk memasak, perlengkapan makan, bahan baku awal, meja serta kursi juga desain interior. Tak lupa pelatihan karyawan maupun SOP juga diberikan dalam kemitraan ini.

Selvie juga berasumsi jika nanti mitra dapat menawarkan 60 porsi sampai 80 porsi per harinya kepada pelanggan. Dalam satu bulannyapun omzetnya ditaksir sebesar Rp 30 juta rupiah.

Untuk paket yang kedua dinamainya paket resto. Namun untuk harganya dibanderol agak mahal yakni senilai Rp 60 juta rupiah. Dalam paket ini mitra akan mendapat perlengkapan memasak dan makan yang jauh lebih lengkap dibanding paket kios. Meja dan kursi juga akan dimiliki mitra. Gerai dengan luas kisaran 70 meter persegi juga didapat beserta bahan baku awal. Tak lupa pelatihan maupun training akan diberikan secaara gratis.

Perkiraan omzet dalam satu hari yang akan diperoleh berkisar 2 juta rupiah, dalam satu bulanpun mencapai 60 juta rupiah. Dari hitungan segitu mitra dipastikan meraup laba sekitar 40 persen dari omzet. Dalam jangka waktu 6 bulan saja modal akan balik.

Biaya royalti juga tidak dibebankan pada para mitra. Dalam jangka 3 tahun untuk waktu kemitraan, namun waktu selebihnya mitra harus melakukan negoisasi perpanjangan.

Menurut Ketua WALI atau Waralaba dan Lisensi Indonesia yang akrab disapa Levita juga berujar “ menu olahan berbahan ayam, bebek dan lele dalam kuliner resto sangat menarik.”Karena menu ini banyak disukai orang Indonesia.

Levita juga mempaparkan bahwa saat ini banyak usaha kuliner yang ikut menawarkan kuliner berbahan ayam, bebek dan ikan lele. Menu dari jenis unggaspun juga banyak yang disuguhkan.

Ketua WALI ini juga tak lupa memberikan saran untuk Balcon. Levita menyarankan agar ada suguhan menu yang menjadi ciri khas tersendiri . Sesuatu yang unik dan beda memang harus ditonjolkan disini.

Contohnya saja menu ayam, menu yang banyak dicari biasanya menu ayam goreng crispy dan ayam bakar. Untuk menu olahan bebek juga hampir sama. Dengan menonjolkan menu yang beda ini, maka pelanggan akan mudah tertarik nantinya.

Nah itulah usaha olahan bebek, ayam dan lele milik selvie. Semoga dapat menginspirasi Anda dalam berbisnis kuliner olahan bebek, ayam maupun ikan lele. Jangan lupa untuk menyuguhkan sesuatu yang berbeda dari sebelumnya.

Advertisement
Mencicip Lezat Bisnis Dari Olahan Ayam, Bebek dan Lele | khusnul | 4.5