Menjajal Usaha Jeli Cup Di Rumah

Tuesday, September 9th, 2014 - Bisnis Makanan
Advertisement

Jeli banyak disukai anak-anak hingga orang dewasa. Peluang usaha jelipun masih menggiurkan untuk dicoba. Anda bisa mencoba usaha jeli rumahan.

Mendengar kata jeli, tentu saja lebih pas untuk mewakili makanan lembut dan mudah lumer yang terbuat dari bahan dasar rumput laut dan tepung yang dominan manis. Jeli, menjadi salah satu jajanan yang disukai anak-anak dan orang dewasa. Mengapa ini tidak dijadikan usaha saja?

jeli

Bisnis jeli mengalami perkembangan yang luar biasa ketika muncul bahan jeli powder yang memiliki keunggulan (lebih kenyal dan bening) dibanding bahan puding sebelumnya dari agar-agar dan gelatin.

Usaha jeli mengalami kemajuan karena fungsi kesehatan yang kaya serat. Rasanya yang kenyal dan mudah untuk dinikmati menjadikan jeli sangat digemari terutama anak-anak. Membuat bentuk jeli sangat mudah dan variatif mengikuti cetakan atau wadah yang digunakan. Tentu saja konsumsi jeli menjadi lebih besar, tak hanya penutup makanan, jeli bahkan menjadi camilan dan jajanan atau bahkan antaran oleh-oleh.

Usaha Jeli dari Rumah

Usaha jeli meski banyak dimonopoli oleh usaha besar, tetapi bisa juga dilakukan dari rumahan. Yang paling penting adalah mesin sealer cup sebagai penutup jeli dan cara produksi serta pengawetannya agar jeli tahan lama di suhu ruang.

Mesin sealear cup minuman bisa digunakan untuk mengemas jenis jeli dalam cup ukuran kecil. Sementara untuk ukuran mini menggunakan mesin khusus. Pengawet yang paling sering digunakan adalah sodium sitrat, gula, dan bahkan ditambahkan citric acid sehingga jeli lebih awet. Proses pembuatan harus bersih dan sanitasi terjaga sehingga jeli tidak mudah basi. Mesin sealer cup jeli bisa dibeli di beberapa toko mesin yang terkenal.

Selain menjual jeli dalam bentuk awetan dengan menggunakan cup atau kemasan sekali pakai, jeli dapat dijual dalam kondisi segar. Aneka bentuk jeli dengan menggunakan cetakan bisa digunakan. Jeli tanpa bahan pengawet bisa bertahan cukup lama di suhu lemari pendingin. Jeli tidak bisa disimpan di suhu freezer. Gunakan cup plastik/mangkuk plastik yang tersedia dengan penutup sekaligus.

Nah itu tadi informasi mengenai usaha jeli rumahan. Usaha ini cukup sederhana dan mudah dikerjakan. Untuk ibu rumah tangga sangat cocok untuk memulai usaha ini. Semoga bermanfaat 🙂

Sumber : jayaweb.com

Advertisement
Menjajal Usaha Jeli Cup Di Rumah | khusnul | 4.5