Meraup Sukses Lewat Bisnis Sambel Pecel

Thursday, September 11th, 2014 - Bisnis Makanan
Advertisement

Sambel pecel merupakan makanan khas jawa timur. Sambal ini banyak digemari masyarakat. Niken menjadi penjual sambel pecel yang meraih sukses.

Semua usaha akan membuahkan hasil jika usaha itu dijalankan dengan baik dan teliti. Memang cara ini juga tak mudah bila orang yang memperkerjakannya tidak sungguh-sungguh. Fokus pada usaha yang akan kita capai merupakan hal yang terpenting. Tak lantas itu saja kita juga dituntut untuk usaha yang keras agar kata sukses mudah kita jalani.

Kisah sukses ini juga dilewati Maria Magdalena Niken. Warga Kediri ini sukses merintis bisnis sambel pecel yang mulanya memang membutuhkan usaha yang keras.

jualsambelpecel

Ibu satu anak ini memang akrab disapa Niken tak mengira jika usaha yang didirikannya dari tahun 2006 ini kini usahanya kian sukses. Usahanyapun terus berkibar hingga menembus luar daerah dari Jakarta sampai Kalimantan.

Istri dari Galih Wiyono ini juga mengungkap jika dalam mengawali usahanya dimulai dari 0 dan tak berbekal pengalaman apapun. Memang awalnya usaha ini dimulai dari ajakan ketua setempat . “ Pada waktu itu saya diminta ikut latihan usaha oleh Ibu Sutrisno yang dulu selaku ketua PKK setempat. Kinipun beliau sudah beralih menjadi Bupati,” ujar Niken.

Penuturan istri dari Galih Wiyono pekan lalu, dia mengawali  usaha rumah tangga itu dari nol alias tanpa pengalaman apapun. Usahanya itu berawal dari dorongan ketua PKK setempat. “Saat itu saya disuruh ikut pelatihan usaha oleh Ibu Sutrisno yang waktu itu masih menjabat ketua PKK. Kalau saat ini beliau kan sudah menjadi Bupati,” kata Niken.

Dengan adanya pelatihan tersebut memang membuat ia makin bersemangat dalam usaha Bahkan makin bergairah karena dari latihan itu hasilnyapun dapat dijual. Banyak sekali permintaan akan sambel pecel dari Malaysia.

images

Tiap bulan usahanya kini semakin berkembang. Dengan memperkerjakan seoarng karyawan kini Niken mampu menghasilkan 4 hingga 6 kwintal sambhel pecel.

Dalam memasarkan produk sambel pecelnya harganyapun dibanderol menurut ukuran kemasan. Untuk kemasan dengan ukuran 400 gram dipatok seharga Rp 13.500. Sedangkan untuk ukuran 1 kilogram dia membanderol senilai Rp 30.000.

Usahanya dia buat langsung di rumah sendiri yang berlokasi di Jalan Pamenang IV Perum Katang  B 11 Kabupaten Kediri. Dia memilih lokasi rumahnya sendiri lantaran dalam memproduksi sambelnya sudah memakai mesin.

Dalam tiap bulannya dia dapat meraup omzet berkisar Rp 8 juta hingga Rp 10 juta rupiah. Dia juga mengaku jika usaha sampingannya ini sudah mampu membiayai kebutuhannya sehari-hari.

Dengan mengusung nama Miraos, produksi sambelnya kini juga meraih penghargaan dari BPOM. Piagam Bintang Keamanan Pangan Satu bisa ia peroleh dari sanitasi dan peralatan, higienitas karyawan, penanganan dan penyimpanan pangan yang memang kerap ia jaga.

Usahanya ini juga bukan tanpa kendala, Niken juga cukup dipersulitkan saat menghadapi kenaikan kacang tanah. Ketika bahan itu melonjak , harga jualnya sambalnypun juga ikut menaik.

Untuk kedepannya Niken berujar akan memperbaiki usahanya agar lebih baik lagi. Langkah pertama yang akan ia tempuh yakni membuat konsep kemasan agar terlihat lebih cantik dan menarik dengan bervariasi ukuran. Sekarang ini memang Cuma ada ukuran 400 gram dan 1 kilogram saja.

Tertarik dengan usaha sambal pecel ini ! Usaha pembuatan sambal ini juga tak ada salahnya untuk anda jajaki. Siapa tahu kesuksesan sambal pecel niken menular ke Anda 🙂

Advertisement
Meraup Sukses Lewat Bisnis Sambel Pecel | khusnul | 4.5