Meraup Untung dari Bisnis Tahu

Monday, September 15th, 2014 - Bisnis Makanan
Advertisement

Makanan kita sehari-hari sering kali menggunakan tempe dan tahu dalam menunya. Makanan yang merakyat ini memang banyak sekali dibuat aneka jenis makanan dan camilan. Peluang usaha tahupun menguntungkan mengingat banyaknya permintaan dari masyarakat.

Tahu, siapa sih yang tak mengenal panganan ini. Makanan yang dibuat dari olahan kedelai ini memang sudah melegenda di tanah air. Makanan ini selalu menjadi hidangan saat makan kita. Tak heran juga banyak kuliner yang dibuat dari olahan tahu ini. Sebut saja cilot, tahu isi, tahu kress dan lain –lain.

Selain dikenal sebagai lauk pauk banyak manfaat yang terkandung dalam sepotong tahu. Apa saja manfaatnya ? Kandungan sumber protein yang tinggi pada tahu membuatnya sangat penting untuk kesehatan tubuh manusia. Mengkonsumsi tahu juga dapat membantu mengendalikan berat tubuh kita, mengurangi resiko kanker, menjaga kesehatan kulit dan juga membuat darah kita jadi lebih sehat

usaha tahu

Mengingat banyak manfaat yang dimiliki dari tahu, membuat industry pembuatan tahu banyak didirikan di tengah masyarakat. Meski hal ini justru membuat persaingan bisnis tahu makin meningkat, namun permintaan pasokan tahu justru terus meningkat. Usaha ini memang tak ada matinya.

Pertumbuhan bisnis kuliner yang makin pesat juga menjadi faktor terpenting dalam usaha ini. Banyak rumah makan, warung maupun restoran yang memakai tahu dalam setiap sajian menunya,

Rudik Setiawan selaku pengusaha tahu juga berdali jika permintaan pasar akan tahu dapat naik sekitar 10% per tahun. Namun hal ini juga berbarengan dengan banyaknya pabrik tahu yang bermunculan. “ Namun peluang bisnis ini masih banyak jalan mengingat tahu sebagai kebutuhan konsumsi nasional ,“ ujar pengusaha tahu asal malang ini.

“ Dua pabrik tahu yang berlokasi di Malang dan Bogor , rata-rata margin keuntungan dari usaha pembuatan tahu mencapai 20%, ” ungkap pemilik tahu pelangi ini. Faktor lokasi juga mempengaruhi keuntungan yang dihasilkan jelas saja pabrik yang di malang berkisar 20%, sedangkan pabrik di Bogor bisa menggali untung mencapai 40%. Hal ini Rudik berdalih perbedaan ini disebabkan tingkat daya beli dan jumlah pabrik yang beroperasi di suatu kota berbeda.

Produk tahu organik juga dibuat rudik supaya tahunya terlihat berbeda dengan yang lain. Ia berdalih produk organik ini sebagai ciptaannya. Proses pembuatan tahu organic ini memang hamper sama dengan proses pembuatan tahu pada umumnya. Hanya saja dibutuhkan waktu yang lama untuk pembuatannya. Perbedaan ini terlihat dari tahu biasa yang hanya membutuhkan waktu 45 menit saja, namun tahu organic memakan waktu sampai tiga jam.

Dalam menyiasati pasar kecil, produksi tahu semi-organik juga rudi buat. Hal ini sengaja ia lakukan untuk membidik pedagang-pedagang kecil dan dari menengah bawah agar tertarik membeli tahunya.

Harga yang dipatok dari tahu organikpun berbeda-beda. Untuk jenis tahu semi-organik di banderol Rp 3.000–Rp 4.000 per potong. Sedangkan untuk tahu organik dijual dengan harga Rp 7.000 per potong. Berbeda dengan yang lainnya tahu hasil produksi pabrik yang berlokasi di Bogor dijual agak tinggi seharga Rp 8.500 per potong.

Dalam sehari produksi pabrik tahu milik rudi bisa menghabiskan beberapa kuintal tahu. Bisa dibayangkan berapa omzet yang bisa rudi raup dari pasokan sebesar itu ! Rudipun tak pelit untuk membocorkan omzet pertahunnya. Dia mengaku telah meraup omzet sebesar Rp 2,7 miliar dalam satu tahunnya. Di tahun berikutnya rudi ingin terus mengembangkan bisnisnya dengan menarget dapat meraih Rp 3,5 miliar.

Tak hanya di pasar local saja, tahu organiknya juga merambah ke banyak pasar di daerah Surabaya dan Malang. Swalayan di Jawa timur juga di bidiknya, ujar rudi.

Tertarik untuk bergelut ke usaha tahu ! Anda tentunya tak akan rugi mengingat banyaknya permintaan tahu di pasaran. Semoga artikel di atas dapat bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba dan semoga sukses

Advertisement
Meraup Untung dari Bisnis Tahu | khusnul | 4.5