Inovasi Panekuk Durian Makin Kreatif

Thursday, September 11th, 2014 - Bisnis Makanan
Advertisement

Banyak sekali pecinta buah durian di negeri ini. Tak heran banyak olahan buah durian yang dijual di masyarakat. Salah satunya yakni panekuk durian. Tingginya akan angka persaingan produk durian ini membuat pengusaha makanan ini terus mengembangkan inovasi.

Penekuk durian sudah dikenal masyarakat sejak meroket dalam beberapa tahun yang lalu. Makanan yang dibuat dari olahan buah durian ini memang banyak disukai karena rasa enak yang dimilikinya. Banyak pelaku bisnis memilih usaha ini karena sudah jelas peminatnya yang membludak. Mereka sengaja membuat panekuk yang berbeda-beda agar terlihat unik dan menarik.

Panekuk atau Pancake Durian Fefe Pancake

Panekuk yang berbeda atau unik lebih disukai masyarakat. Pengusahapun gencar melakukan inovasi. Salah satunya Ibu Ferawati Hidayat, pengusaha yang satu ini mengungkap, “ Tingginya persaingan usaha panekuk durian memang membuat jumlah konsumen kian meningkat “.

Hal ini justru membuat Ferawati yakin akan usahanya yang bisa bersaing di pasar. Untuk menyiasatinya ia membuat panekuknya dengan memakai buah durian asli dari Medan. Dalam membuat kulit panekuknya pun tak lupa ia buat lebih tipis agar cita rasa durian makin terasa. Hal ini sengaja ia lakukan agar produknya makin dikenal masyarakat.

Usaha panekuk durian ini telah berdiri sejak akhir tahun 2013 lalu. Fera mengaku awal merintis usahanya ia hanya menjadi reseller dari penekuk durian milik pengusaha lain. Melihat tingginya permintaan akan panekuk durian di tengah masyarakat membuat wanita ini langsung tergiur.

Ferapun memulai usahanya membuat panekuk durian sendiri. Yang awalnya usaha kecil-kecilan saja kini dua gerai sudah ia miliki. Gerai Fera berlokasi di daerah Jakarta. Untuk mengembangkan bisnisnnya ia juga tak lupa untuk menjalin kerjasama dengan reseller.

Hal ini dia lakukan mengingat dia yang awalnya hanya seorang reseller. Kinipun sudah puluhan reseller yang berhasil ia bidik untuk memasarkan panekuknya.

Fera sudah mampu menghasilkan kisaran 400 boks sampai 500 boks panekuk durian tiap harinya. Banyaknya produksi panekuknya tergantung dari pesanan. Dalam membuat panekuknya Fera dibantu dengan 30 karyawan.

Pancake durian fera ia namai Fefe Pancake. Harga yang ditawarkan dari pancakenya yang berisi 10 biji dipatok dengan harga Rp 125.000 per boks. Fera juga tak sulit untuk membocorkan berapa omset yang ia dapat , sekitar Rp 100 juta per bulan bisa ia kantongi. Laba bersihnyapun bisa mencapai 30% dari omzet per bulannya.

Pelaku usaha pancake yang lain yang terkenal dengan nama Legit Pancake yakni Nike Larasati juga berujar lantaran ketatnya persaingan usaha pancake membuat usahanya makin laris dari tahun ke tahun.

Wajar saja bisnis yang ia geluti saat tahun 2012 lalu memang tak seramai seperti saat sekarang. Inovasi juga tak pernah surut untuk ia lakukan agar bisnisnya tetap bertahan. Banyaknya komplain pelanggan membuatnya menjadi belajar lebih keras lagi.

Rasa yang ditawarkan juga bervariasi. Nike membuat 5 variasi rasa yaitu original, cokelat, stroberi, pandan dan panekuk durian sehat. Dia juga menjamin produknya menyehatkan karena memang tak ada bahan pengawet di dalamnya.

Dari segi harga Nita mematok harga per konsumen. Untuk para reseller dipatok dengan harga Rp 45.000 per boks. Lain dengan harga untuk konsumen ritel dibanderol Rp 70.000 per boks.

Nike mampu meraup omset per bulannya berkisar Rp 45 juta. Laba bersihnyapun dapat diperoleh hingga 20% dari omzet. Dengan memperkerjakan empat karyawan, Nita dapat membuat 1.000  boks sampai 2.000 boks panekuk durian.

Namun permintaan yang meningkat tak lantas membuat stok buah durian meningkat. Masalah jarangnya ada buah durian, karena buah ini hanya ada saat musim tertentu dan kalaupun ada harganya sangat tinggi pernah membuat Nita tidak berjualan sekitar satu bulan. Untuk menyiasatinya bisa membeli persediaan buah durian saat musim durian dan menyimpannya dalam freezer.

Inovasi panekuk durian harus terus dikembangkan karena prospek usaha ini sangat bagus untuk kedepannya. Tertarik untuk mencoba bisnis panekuk durian ini !

Advertisement
Inovasi Panekuk Durian Makin Kreatif | khusnul | 4.5