Rahasia Sukses Bisnis Warteg

Thursday, September 11th, 2014 - Tips Bisnis Makanan
Advertisement

Makanan sehari-hari memang banyak dijual di warung tegal. Makanan dijual dengan harga yang terjangkau. Usaha inipun laku keras di masyarakat. Namun bagaimana cara agar sukses berbisnis warung tegal untuk pemula !

Warung tegal atau orang biasa menyebutnya warteg merupakan tempat makan favorit untuk kalangan bawah saat bersantap. Di warteg ini biasanya menyediakan menu- menu masakan rumahan yang sederhana dengan harga yang terjangkau. Seperti nasi, sayuran, lodeh, lauk-pauk dan lainnya.

cara-sukses-berbisnis-warung-tegal-1261

Warteg memang menjamur di tengah masyarakat Indonesia. Bukan menu yang sederhana saja yang di tawarkan, biasanya saat makan di warung ini pengunjung akan merasakan yang namanya suasana kekeluargaan dan kenyamanan. Maklum saja warung ini menggunakan cara makan seperti di desa.

Kenapa orang menamainya warung tegal. Bukankah Tegal itu adalah salah satu nama kota yang ada di daerah jawa tengah. Yap, benar sekali. Memang sih awal mulanya usaha ini dirintis oleh warga tegal.

Pertama munculnya warteg ini didirikan oleh 3 desa yang ada di tegal, yakni desa Sidakaton, Sidapurna dan desa Krandon, Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Warga 3 desa ini bergantian mengelola warteg ini dengan jangka waktu yang ditentukan.

Makanan yang ditawarkanpun cukup sederhana seperti pada masakan rumahan biasanya. Menu yang disajikan biasnya nasi goreng, mie goreng, sayur lodeh, sop, tumis, lauk pauk dan lain-lain. Tak hanya makanan saja minumanpun juga dijual seperti kopi, teh, susu dan jus. Juga ada aneka gorengan seperti pisang goreng, tahu isi, dan lainnya.

Meski yang dibidik kalangan bawah namun keuntungan yang dihasilkan dari warteg ini sangat besar. Bahkan tak heran warga daerah tegal sudah banyak yang memiliki rumah yang terbialang mewah dan kendaraan pribadi dari usaha wartegnya. Memang potensi usaha warteg sangat besar dengan menjanjikan laba yang tinggi.

Haji Harjo adalah salah satu contoh pengusaha yang berkibar dari warung tegal. Lelaki yang tinggal di kelurahan kalinyamat kulon, kecamatan margadana, kota tegal ini telah berhasil menyabit gelar haji dari usaha kerasnya. Tak hanya itu saja, rumahnya kini menjelma layaknya istana mewah dengan nilai miliaran rupiah. Garansi rumahnyapun juga dipenuhi dengan mobil-mobil mewah.

Kesuksesan yang di raih H Karjo ini memang tak semulus apa yang ada. Berawal dari kepergiannya ke Jakarta di tahun 1972. Ia mengawali karirnya dengan menjajal jadi pedagang asongan. Dari hasil berjualan ia jadikan modal untuk membuka warung tegal.

Tiga warteg yang berlokasi di Jakarta telah ia miliki. Lokasi wartegnya berada di Glodok, Kemurnian, dan Jakarta Barat. Menu yang disajikan ia sajikan dengan cara prasmanan, pembeli tinggal memilih sendiri menu-menu apa yang akan ia pilih.

Untuk menu yang ditawarkan, Karjo memilih menu yang bervariasi namun tetap sederhana. Diantara menu yang ditawarkan sebagai berikut sayur-sayuran seperti sayur tempe, sayur tahu, kacang merah, dan soto. Untuk lauk pauk seperti tahu, perkedel, tempe, ayam goreng, ikan, jeroan ayam dan remis.

Mayoritas warga Jakarta yang memang berasal dari kampung menjadi satu alasan membludaknya pengunjung warung tegal ini. Banyaknya pekerja pabrik, kuli bangunan, tukang becak dan sopir menjadi pelanggan utamanya. Selain itu mahasiswa yang memang anak kos menjadi pelanggan warteg ini.

Keuntungan yang dihasilkan dari bisnis warteg ini cukup menjanjikan. Anda bisa membayangkan jika dalam sehari kita bisa mendapat laba sekitar 300 ribu maka dalam sebulan uang 9 juta akan mudah kita dapatkan. Dan jangka 1 tahun berapa besar yang akan kita peroleh. Tinggal mengkalikan saja 9 juta dikali 30 hari hasilnya akan mencapai 270 juta tiap tahunnya. Angka yang fantatis bukan..

Berminat dengan usaha yang satu ini ? Bayangkan saja keuntunganya sangat besar . Usaha ini sangat bagus untuk menjamin masa depan anda. Semoga dapat dapat bermanfaat untuk Anda.

Advertisement
Rahasia Sukses Bisnis Warteg | khusnul | 4.5