Mengambil Untung Sehat Dari Capcay

Saturday, September 13th, 2014 - Bisnis Makanan
Advertisement

Kelezatan capcay memang sudah terkenal sejak lama. Masakan dari Cina ini sangat menyehatkan seperti keuntungan usaha ini yang makin menguntungkan.

Masakan china satu ini banyak disukai masyarakat Indonesia. Sebut saja namanya capcay, menu masakan yang dibuat dengan campuran dari aneka jenis sayur serta ditambah dengan daging, bakso, sosis ataupun seafood. Semua jenis bahan ini dimasak dengan racikan bumbu yang khas dan special.

Masakan yang sudah familiar dengan lidah masyarakat Indonesia ini berasal dari negeri tirai bambu atau Cina. Orang-orang keturunan Tianghoalah yang telah mempopulerkannya.

Capcay

Masakan yang diadopsi dari cina ini juga disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Ditambahkan sayur- sayuran khas Indonesia. Juga dalam penyajiannyapun tak lupa ditambahkan nasi sebagai teman makannya. Nasi memang menjadi makanan pokok, dan menu ini tak ketinggalan untuk disandingkan bersama capcay dalam memakannya.

Untuk jenis capcay sendiri terdapat 2 macam. Yakni capcay dengan siraman kuah dan capcay yang ditumis (capcay goreng ). Bedanya memang hanya pada kuahnya saja. Cara membuat capcay ini juga dibagi lagi menjadi dua cara. Yakni cara pembuatan capcay cina juga ala jawa. Proses pembuatan capcay ala China menggunakan tepung maizena. Tepung maizena dipakai dengan tujuan mengentalkan kuahnya. Namun capcay jawa tak memakai tepung ini sehingga kuahnyapun tak kental.

Membuat Capcay

Pertama yang harus anda siapkan adalah memilih jenis bahan baku. Sayuran yang segar harus anda pilih degan cermat dan teliti. Anda bisa menggunakan jenis sayur wortel, jagung muda, daun bawang, kembang kol, kapri maupun sawi. Dalam memilih lauk juga sangat berhati-hati. Kualitas yang segar dan terjamin sangatlah perlu. Hal ini agar menghasilkan rasa capcay yang enak dan lezat. Anda bisa memakai daging sapi, ayam, udang, bakso maupun sosis. Dalam membuat bumbunya juga anda perlu menyediakan bawang merah, bawang putih, merica dan garam.

Semua bahan-bahan di atas bisa anda beli di pasar tradisonal. Disini harga akan murah bila anda pandai menawar. Namun anda harus cermat dan teliti dalam membeli.

Lokasi

Lokasi yang sangat cocok untuk menjajakan makanan ini adalam tempat- tempat yang ramai yang biasanya banyak orang lalu lalang. Tempat ini seperti pasar, kompleks perumahan, pinggir jalan, pusat kota dan kawasan pekerja. Namun jika rumah anda berdekatan dengan tempat ramai tak ada salahnya untuk membuka sendiri di rumah. Dengan begitu akan menghemat biaya sewa tempat.

Peralatan Usaha

Dalam membuka usaha capcay ada beberapa peralatan yang perlu anda sediakan yakni gerobak atau etalase untuk menjajakan jualan. Peralatan memasak seperti wajan, kompor gas dan spatula juga harus ada. Untuk makan pelanggan juga harus tersedia seperti piring, sendok, garpu dan gelas.

Karyawan

Dalam menjalankan usaha capcay , anda bisa memperkerjakan satu karyawan saja. Namun anda juga harus cermat dalam memilihnya. Pilih karyawan yang jujur, rajin dan bertanggung jawab. Atau jika anda punya saudara bisa anda pekerjakan.

Strategi Pemasaran

Promosi jiga harus Anda gencarkan dengan cara menyebarkan brosur ke berbagai tempat yang ramai. Anda juga bisa menggunakan cara pembelian gratis 1 porsi jika beli minimal 7 porsi.

Harga

Mengenai harga capcay anda bisa mematoknya dengan harga berkisar Rp6.000-Rp 14.000. Hal ini tergantung dari lokasi mana yang anda pakai saat berjualan. Contohnya di tempat wisata, anda bisa mematok dengan harga yang lebih tinggi.

Kendala

Salah satu yang menjadi faktor kendala dalam usaha capcay ini adalah bahan baku. Biasanya penjual harus mengira-ngira sendiri berapa jumlah bahan yang akan dibeli dari pasar dan ayang akan dimasak. Pelanggan capcay memang kadang tak menentu kadang sedikit kadang juga bisa membludak.

Saran

Agar capcay anda banyak disukai dan dikenal masyarakat luas. Anda bisa membuat rasa capcay anda lebih enak dan unik atau berbeda dengan capcay yang lainnya.

Semoga artikel mengenai usaha capcay di atas berguna untuk Anda. Bacaan diatas bisa juga anda jadikan bahan referensi dalam membuka usaha capcay. Ayo memulai usaha ini !

Advertisement
Mengambil Untung Sehat Dari Capcay | khusnul | 4.5