Warteg Berganti Restoran Dorong Modern

Tuesday, September 9th, 2014 - Bisnis Resto / Restoran
Advertisement

Ari wibowo pemuda yang akrab dipanggil ari ini telah berinovasi mengembangkan warteg menjadi sebuah restoran. Bagaimana warteg ini menjelma menjadi warteg modern simak selengkapnya berikut ini.

Warung tegal (warteg) yang sejak dulu begitu-begitu saja, di tangan Ari Wibowo (22) disulap dengan konsep tampilan baru plus konsep menu restoran. Dengan tagline, Harganya Kemurahan,Tempatnya Kemewahan, Rasanya Keenakan , warteg modern ini bermozet Rp 100juta/bulan.

2

Awalnya  sebuah warteg milik seorang temannya bangkrut.  Lalu, pemilik warteg tersebut menawarkan usahanya agar diakuisisi oleh Ari.  Bermodal uang pinjaman sebesar Rp 30 juta,  Ari warga Jakarta Timur,  mengambil alih warteg tersebut.  Merasa tak  sreg dengan penampilan warteg konvensioanl,  Ari melakukan langkah inovatif  dengan idenya memodernkan bentuk warteg.  Jadilah konsep restdoor alias restoran dorong.

Konsep warteg ini sama sekali berbeda dari lazimnya.  Lemari etalase didesain sedemikian rupa sehingga dapat didorong atau digeser.  Ketika warung beroperasi, etalase didorong ke luar  depan restoran agar mudah dilihat. Saat warung telah tutup, etalase didorong masuk kedalam ruangan. Nilai kebaruan dan ide utama bisnis kuliner ini tersirat dari tagline yang selama ini digunakan.  Yaitu “Harganya Kemurahan,Tempatnya Kemewahan, Rasanya Keenakan”.
Harga-harga menu yang tersaji standar warteg. Meskipun sudah murah, Ari masih menyajikan beberapa menu yang lebih murah dari harga warteg.  Misalnya teh manis hanya Rp 500.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA
Target market mahasiswa
Dibanding  koleganya warteg konvensional,  tampilan Restdoor  cukup mewah. Apa tidak rugi, dengan fasilitas mewah namun bertarif murah?  Menurut Ari, berkat pelayanan plus tersebut jumlah pengunjung dapat didongkrak 2 bahkan 3 kali lipat.  Terbukti, omzetnya mampu menutupi biaya operasional, plus untung yang diperoleh cukup signifikan.
Target market utamanya adalah mahasiswa yang menginginkan  makanan  murah.  Oleh karena itu sajiannya disesuaikan dengan jam dan pola makan mahasiswa.  Menu siang berupa makanan berkuah yang menyegarkan.  Sup dan aneka sayur yang lain. Sedang pada sore hari, menu yang disajikan adalah makanan ringan.  Sebab pada saat tersebut umumnya mahasiswa hanya butuh cemilan sebagai teman ngobrol.  Misalnya, chiken katsu, steak spageti oncom.  “Spageti ini banyak diminati.  Kalau dimakan sambil merem, rasanya tak berbeda dengan daging,” tutur Ari.
Saat ini ia telah memiliki 11 cabang Restdoor. Semua menu  dan bahan baku yang disajikan berasal dari pusat.  Sementara itu, pengadaan karyawan disuplai oleh Ari.  Sebelum beroperasi, karyawan dan pemilik cabang diwajibkan menjalani training  marketing dan operasional.  Pada pukul 6 mulai masak, 7.30 masakan sudah harus matang.  Kepala cabang yang menjalankan  quality control.

Omzetnya Rp 100 juta/bulan
Menurut penuturan  Ari, sekitar 80% pengunjung Restdoor adalah wanita.  Ari menargetkan, tahun 2011 memiliki 11 cabang.  Sedangkan untuk 5 tahun mendatang menargetkan  1.000 cabang.  Pria yang juga memiliki usaha bimbingan belajar ini membidik kampus sebagai sasaran utama.  “Target kami setiap kampus ada satu outlet Restdoor,” paparnya. Target lain yang disasar adalah kawasan perkantoran. Bersumber dari cabang sebanyak itu, Ari mampu mendapat omzet sebesar Rp 100 juta / bulan.
Saat ini Ari sedang berkonsentrasi membina cabang-cabang yang berada di Jakarta.  Ia belum bermaksud mengembangkan ke luar daerah, meskipun  banyak permintaan membuka cabang dari berbagai daerah.  “Jakarta marketnya sangat besar.  Sayang kalau dilewatkan,” papar Ari.

Pamflet penilaian
Untuk menguji kepuasan pembeli dan lebih mendekatkan dengan pelanggan, Restdoor punya cara unik.  Setiap tamu yang berkunjung diminta menilai masakan dan pelayanan yang sudah didapatkan.  Jajak pendapat ini dipajang dalam sebuah pamflet yang digantung di salah satu sudut restoran.  Uji pendapat ini membuktikan bahwa mayoritas pelanggan di tempat tersebut puas.

Info Resto
Buka : Pukul 07.30 – Habis
Alamat Kantor :  Jl. Pisangan Baru 3 No. 20, Jakarta Timur 13130.  Telp (021) 8511750.  Email : arisolusi@yahoo.com
Alamat Outlet : Jl. Pesanggrahan 1 No 32 B, samping Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.  Telp (021) 99655221

Menu bronze sampai platinum
Dua menu utama Restdoor meliputi:
*). Menu warteg :  tempe oreg, oreg kentang, gorengan, perkedel, urap, tumis kankung, telor ceplok, kikil, dan terong.
*). Menu restoran : kwetiau, ayam bakar saus tiram, udang bakar saus tiram, cumi kecil saus tiram, udang kecil saus tiram, chicken katsu, dan banyak lagi.

Kategori harga
–    Menu dorong ‘bronze lauk’  Rp 500 sampai Rp 1000.

  • Menu dorong ‘gold lauk’  Rp 3000 –  Rp 4000.
  • Menu dorong ‘silver lauk’ Rp 2000.
  • Menu dorong ‘platinum lauk’ harganya Rp 5000 – Rp 10 ribu.
  • Menu dorong ‘sehat’ berupa soto ayam dan ayam bakar non kolesterol.
  • Serta menu dorong ‘hemat’ terdiri atas nasi, satu menu ‘bronze lauk’ dan menu ‘silver lauk’ seharga Rp 5000

Highlights:
Nilai kebaruan dan ide utama bisnis kuliner ini tersirat dari tagline yang digunakan yaitu,  “Harganya Kemurahan,Tempatnya Kemewahan, Rasanya Keenakan”. 

Konsep  restdoor
Restdor singkatan  dari restoran dorong.  Nama ini menjelaskan bahwa  lemari etalase  tempat jajaran lauk pauk dan perangkat lain didesain sedemikian rupa sehingga dapat didorong atau digeser.  Ketika warung beroperasi, etalase didorong  keluar  depan restoran, agar  mudah dilihat oleh calon pembeli.
Warteg ala restdoor dilengkapi dengan AC. Sistem penerangannya  diadopsi dari restoran mewah.  Ruangan dilengkapi dengan pengharum.  Pelanggan dimanjakan dengan adanya LCD TV dan TV kabel.

Sedangkan ketika warung telah tutup, etalase tersebut didorong masuk kedalam ruangan warung lagi. Kata Restdoor juga tersirat dalam visi yang diusung selama ini. Yaitu mendorong karyawan agar dapat menjadi wirausahawan

Nah itulah restoran dorong milik ari yang awalnya hanya warteg biasa. Semoga artikel di atas dapat menginspirasi anda untuk menciptakan inovasi dan kreatifitas yang berbeda dengan lainnya. Semoga bermanfaat untuk Anda semua.

Sumber : www.idebisnis.biz

Advertisement
Warteg Berganti Restoran Dorong Modern | khusnul | 4.5