Untung Manis Dari Asinan Yang Bisa Dicoba

Monday, September 15th, 2014 - Bisnis Makanan
Advertisement

Mengenal asinan bogor memang sudah tak asing di telinga Anda. Makanan khas Bogor ini bisa Anda coba untuk peluang usaha. Seperti apa sih usaha asinan dan bagaimana mengawali usaha ini ! Langsung saja kita simak artikel berikut.

Jika Anda disuruh menyebut makanan khas kota Bogor mungkin Anda akan menjawab asinan. Memang ada yang kurang jika dating ke bogor kalau belum mencicipi yang namanya asinan. Tapi Anda tidak harus pergi ke bogor untuk menikmati kuliner ini. Jenis usaha asinan kini sudah beterbaran di masyarakat. Peluang usaha inipun cukup menguntungkan mengingat banyaknya pecinta makanan ini.

asinan bogor

Meski memiliki nama asinan justru makanan ini tak asin. Tapi kenapa orang menyebut dengan asinan ? Ada yang perlu anda ketahui salah satu bahan yang digunakan dalam pembuatannya menggunakan sawi asin. Makannya tak heran orang menyebutnya asinan. Penyajian makanan inipun cukup praktis, tinggal menambah kuah merah saja di atas sayuran dan buah-buahan segar. Rasa kuahnyapun manis, segar juga masam.

Jenis asinan yang banyak dipasaran ada tiga macam yakni asinan sayuran, buah-buahan, dan perpaduan buah juga sayur. Jenis asinan sayur biasanya terdapat sawi asin, kubis, taoge, kol segar ,tahu, dan mentimun. Namun untuk buah-buahan biasanya menggunakan buah jambu, ubi, bengkuang, papaya, nanas dan salak

Bagaimana dengan peluang usaha asinan. Mari kita lihat analisa usahanya.

Deskripsi Usaha Asinan

Asinan menggunakan bahan dari sayuran dan buah-buahan yang segar. Cita rasa asinan ini biasanya dipengaruhi oleh kesegaran sayur dan buahnya, kalau buah dan sayur segar biasnya rasa asinan semakin enak. Bahan terpenting asinan ini bisa Anda temukan di pasar-pasar tradisional. Dalam berbelanjapun anda harus jeli memilih sayur yang segar dan berkualitas.

Lokasi

Anda bisa menjajakan asinan ini di lingkungan yang ramai seperti kompleks perumahan, pasar, kawasan perkantoran, pusat perbelanjaan dll. Lokasi yang nyaman dan strategis biasanya mempengaruhi daya tarik konsumen/

Peralatan Yang Digunakan

Peralatan untuk membuka usaha ini tentunya anda harus tahu. Apa saja itu, ini dia rinciannya. Pertama pisau untuk mengiris buah dan sayur, piring,sendok, gelas dan garpu, serta kantong plastic dll. Tempat menjajanyapun Anda bisa menggunakan gerobak maupun etalase untuk memajang asinan segar ini. Tak ketinggalan anda juga harus memiliki toples atau wadah untuk menyimpan kuah asinan, sambal dan air gula merah.

Menarik Konsumen

Untuk menarik konsumen anda bisa gunakan cara promosi yakni dengan memasang spanduk, menyebar selebaran brosur atau leaflet di sekitar tempat jualan. Layanan pesan antar juga bisa Anda gunakan untuk pelanggan yang enggan membeli langsung. Pemasaran lewat media social juga penting, Anda bisa mengiklankan asinan anda lewat facebook, twitter.

Banyak dipromosikan tentunya akan membuat banyaknya orang mengenal dan tertarik untuk membeli asinan Anda. Dengan cara itupun usaha kita akan laku keras. Yang penting harus gencar- gencar dan terus promosi agar usaha makin sukses.

Untuk Harga

Asinan ini bisa anda jual Rp6.000-Rp9.000 per porsinya. Dan untuk asinan jenis campur yang memang bahannya lebih lengkap bisa dihargai agak tinggi misalnya saja Rp11.000.

Kendala

Dalam berjualanpun tentunya kita juga menemui kendala. Apa saja kendala dan resiko usaha asinan ? Tentunya hal-hal berikut ini perlu anda ketahui. Asinan biasanya mudah busuk karena bahannya dari buah dan sayuran yang segar. Jadi anda harus jeli untuk menentukan jumlah buah dan sayur yang akan di buat. Jangan samapai malah kebanyakan dan menimbulkan bahan tak terpakai atau istilah jawanya eman- eman. Kendala lainnya yakni sulitnya menemukan jenis buah yang memang hanya ada saat musim tertentu saja, untuk mengatasinya anda bisa mengganti dengan buah lain yang sekiranya bisa di pakai.

Nah itu tadi peluang usaha asinan bogor yang bisa anda coba. Peluang usaha asinan ini sangat mudah untuk anda mulai. Semoga artikel di atas berguna dan bermanfaat. Selamat mencoba dan semoga sukses 🙂

Advertisement
Untung Manis Dari Asinan Yang Bisa Dicoba | khusnul | 4.5