Yuk Menganalisa Usaha Burger

Wednesday, September 3rd, 2014 - Analisa Usaha Makanan
Advertisement

Kini burger sudah tak asing lagi di lidah masyarakat kita. Rasa burger yang khas barat ini mampu membuat usaha ini meraup untung yang menjanjikan. Bagaimana dengan analisa usaha yang satu ini,. Simak selengkapnya.

Burgeradalah jenis makanan cepat saji yang terbuat dari daging giling – umumnya, daging sapi – berbentuk bulat pipih. Daging ini biasanya digoreng atau dipanggang sebelum disajikan bersama roti tebal bulat, keju, selada, irisan bawang bombay, irisan tomat, dan irisan mentimun. Sebagai pelengkap, ditambahkan mayones, mustard, dan saus tomat atau saus sambal.

burger

Burger berasal dari benua Eropa. Penggemar kuliner ini kebanyakan dari kalangan anak muda, yang umumnya selalu tertarik pada berbagai hal yang berbau Barat – termasuk makanannya. Oleh karena itu, membuka kedai atau kafe burger bisa menjadi pilihan usaha yang sangat menguntungkan.

Peluang Usaha Burger

Bahan Baku

Bahan baku utama untuk membuat burger adalah daging cincang dan roti. Kini, selain daging sapi, banyak usaha burger yang berinovasi dengan membuat burger dari daging ayam, bahkan tahu/tofu – sebagai variasi burger vegetarian. Daging yang digunakan adalah daging tanpa lemak. Jika ingin praktis, Anda bisa membeli berbagai jenis daging burger siap saji di pasaran. Namun, jika ingin mengutamakan kualitas dan cita rasa, sebaiknya Anda membuat sendiri daging burger Anda.

Roti untuk membuat burger memiliki ciri khas tersendiri, yaitu berbentuk bulat dan dapat dibagi menjadi dua bagian. Roti yang enak untuk membuat burger adalah yang tebal tapi tetap empuk dan lembut. Umumnya, khusus untuk roti, pengusaha – pengusaha burger tidak membuatnya sendiri, melainkan membelinya di pasar atau langsung dari produsennya. Jika Anda memiliki dana produksi berlebih, ada bagusnya juga jika mengalokasikannya untuk membuat roti sendiri sehingga burger Anda akan memiliki cita rasa berbeda dari burger – burger lainnya.

Lokasi Usaha

Alternatif lokasi usaha burger adalah di depan minimarket. Biasanya, pihak minimarket sendiri yang menawarkan kerja sama bagi para pengusaha kuliner skala kecil untuk membuka usaha di depan minimarketnya. Sebagai bagian dari kesepakatan, para pengusaha kuliner harus membayar uang sewa. Selain itu, lokasi di depan pertokoan, di sekitar pusat perbelanjaan, serta di sekolah dan kampus adalah beberapa lokasi strategis untuk usaha burger. Apalagi, sebagian besar konsumen burger adalah kalangan anak muda yang memang banyak menghabiskan waktu di sekolah, kampus, dan pusat perbelanjaan.

Perlengkapan Usaha

Perlengkapan standar yang harus Anda miliki sebelum mendirikan usaha burger, antara lain gerobak atau etalase untuk menyimpan berbagai bahan baku dan perlengkapan lainnya. Peralatan memasak seperti kompor, wajan antilengket, dan spatula, serta wadah dan botol plastik untuk tempat sayuran dan aneka saus burger.

 

Perlengkapan Harga (Rp)
Gerobak/etalase
Kompor
Wajan antilengket dan spatula
Aneka wadah dan botol plastik
Peralatan makan
1.500.000 – 2.000.000
150.000 – 300.000
100.000 – 200.000
300.000 – 400.000
200.000 – 300.000

Dari analisa di atas kita bisa belajar bagaimana langkah awal memulai bisnis burger ini. Buat anda yang akan terjun di usaha burger ini tak ada salahnya membaca artikel di atas. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Sumber : peluang-usaha-kuliner.blogspot.com

Advertisement
Yuk Menganalisa Usaha Burger | khusnul | 4.5